April 11, 2021

Pendidikan Ekonomi

STKIP Persada Khatulistiwa

PKM

PKM

Program Kreatifitas Mahasiswa 

Pengabdian Kepada Masyarakat (khusus Dosen)

apa itu program kreatifitas mahasiswa ?

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), PKM ialah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas.

Program ini merupakan penerus dari Program Karya Alternatif Mahasiswa yang dibentuk pada tahun 1997, yang kemudian berganti menjadi Program Kreativitas Mahasiswa pada tahun 2001. Sekarang ini PKM memiliki 7 jenis kegiatan yakni PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M), PKM-Karsa Cipta (PKM-KC), PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI), dan PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT). Selain PKM-AI, semua PKM akan dilombakan di dalam PIMNAS.

Program Kreatifitas Mahasiswa yang pernah diikuti Mahasisa Pendidikan Ekonomi yaiu Program Studi Lima Bidang Diantaranya Ialah

PKM-P (Penelitian)

PKM-K (Kewirausahaan)

PKM-M (Pengabdian Kepada Masyarakat)

PKM-T

(Penerapan Tekonologi)

PKM-KC (Karsa Cipta)

Merupakan program penelitian yang bertujuan untuk mengidentifikasi faktor penentu mutu produk, menemukan hubungan sebab-akibat antara 2 atau lebih faktor, menguji percobaan sebuah bentuk atau peralatan, merumuskan metode pembelajaran, melakukan inventarisasi sumber daya, memodifikasi produk eksisting, mengidentifikasi senyawa kimia di dalam tanaman, menguji khasiat ekstrak tanaman, merumuskan teknik pemasaran,  dan kegiatan lain yang memiliki tujuan semacam itu.

Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) merupakan program pengembangan keterampilan mahasiswa dalam berwirausaha dan berorientasi pada laba (profit). Komoditas usaha yang dihasilkan oleh mahasiswa dapat berupa barang atau jasa yang selanjutnya merupakan salah satu modal dasar mahasiswa dalam berwirausaha dan memasuki pasar. Komoditas tim PKM-K hendaknya tidak menjadi kompetitor produk sejenis yang merupakan penghasilan masyarakat. Pemeran utama berwirausaha dalam hal ini adalah mahasiswa, bukan masyarakat, ataupun mitra lainnya.

Program Kreatifitas Mahasiswa satu ini juga sering disebut sebagai Program membantu masyarakat dan pemberdayaan masyarakat dengan cara :

1. peningkatan kecerdasan,

2. keterampilan,

3. pengetahuan perbaikan lingkungan,

4. pelatihan keterampilan kelompok masyarakat,

5. peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan lain sebagainya yang bertujan membantu masyarakat.

Program Kreativitas Mahasiswa Penerapan Teknologi

(PKM-T) merupakan program bantuan ilmu

pengetahuan dan teknologi (mutu bahan baku,

prototip, model, peralatan atau proses produksi,

pengolahan limbah, sistem jaminan mutu dan lain-lain)

atau manajemen (pemasaran, pembukuan, status

usaha dan lain-lain) atau lainnya bagi industri berskala

mikro atau kecil (industri rumahan, pedagang kecil

atau koperasi) dan menengah bahkan berskala besar

yang menyangkut kepentingan masyarakat luas dan

sesuai dengan kebutuhan calon mitra program.

 

 

PKM-KC merupakan suatu program penciptaan yang didasari atas karsa dan nalar mahasiswa, bersifat konstruktif serta menghasilkan suatu siistem, desain, model/barang atau prototipe dan sejenisnya. Karsa cipta tersebut mungkin belum memberikan nilai kemanfaatan langsung bagi pihak lain.

 

PKM
DOSEN PENDIDIKAN EKONOMI

Salah satu bentuk pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi dosen adalah memberikan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat. Dosen PSM melaksanakan kegiatan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dengan memperhatikan kesesuaian antara kompetensi kepakaran dosen dengan bidang pelayanan/pengabdian. Lebih dari itu pula, kegiatan pelayanan/ pengabdian kepada masyarakat juga dilaksanakan dengan menyesuaikan pada program pemerintah atau dengan mengidentifikasi berbagai permasalahan yang berkembang di masyarakat.

Apa Yang didapatkan dari Program Pelaksanaan tersebut?

Pengabdian kepada masyarakat adalah salah satu kewajiban dosen untuk berkontribusi untuk negeri. Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat merupakan elemen dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kedua elemen tersebut menjadi aksi dari keterlibatan perguruan tinggi dalam pembangunan dan menghilangkan isolasi dunia akademik terhadap persoalan masyarakat.

Selain itu, masyarakat juga akan mendapatkan bekal untuk menyelesaikan permasalahan dan menjawab tantangan dalam kehidupannya. Masyarakat juga nantinya akan memberikan pembelajaran bagi perguruan tinggi tentang realitas kehidupan.